Friday, February 5, 2016

TV SHARP PICOLO 21" Gambar melipat di atas.

Kemarin dapat pasien TV Sharp PICOLO yang mengalami kerusakan layar menyempit. Dalam kasus seperti ini sudah ku duga bahwa Yoke nya agak korslet. Dan betul sekali, pas kebetulan ada TV yang sama masuk barengan macam janjian, saya coba pinjamkan Yoke dari TV satunya, dan hasilnya gambar normal, kesimpulannya, Yoke benar sudah bocor.
Singkat kata setelah saya belikan dan saya pasang, coba test nyalakan, gambar sudah penuh. Tinggal atur maju full dengan melepas karet pengganjal Yoke ke tabung. Namun yang jadi masalah yaitu, gambar bagian atas melipat sedikit dan brwarna putih terang pada garis lipatan tersebut. Coba Adjust di service mode, jika di kecilkan V-Sizenya, garis lipatan bisa hilang, coba ukur dengan aslinya, ada selisih nilai Ohmnya. Yang asli sekitar 12Ohm sedang Yoke yang baru di beli bernilai sekitar 17Ohm. Coba diam berfikir lagi, aq raba-raba bagian R 525, ada perbahan pada layar, saya pikir ada R yang perlu di ubah nilainya dengan mnambahkan secara paralel. Coba ukuran 47K, malah menyempit, coba 270K seri dengan 10 K, hampir hilang total, Coba pake satu R 270K saja dan hasilnya HAMPIR SEMPURNA. Lipatan sudah hilang, tapi masih ada garis halus agak terang. Mungkin perlu di kecilkan lagi. Dan hasilnya bersambung dulu, mau saya coba rubah lagi. Tunggu lanjutan ceritanya nanti.... .... ... .. .